Minggu, 26 April 2020

Siapkan Pensiun dengan Reksa Dana

Bekerja adalah cara yang kita gunakan untuk mendapatkan pendapatan. tetapi, tentu akan tiba saatnya setiap orang yang bekerja mengalami masa pensiun. Di Indonesia, tidak banyak perusahaan yang mempunyai program pensiun bagi para karyawanya. Padahal, ketika usia tidak lagi muda dan tidak lagi produktif saat masih muda, kita masih punya kebutuhan yang harus dicukupi agar bisa bertahan hidup dan menikmati masa tua. Untuk mengatasi hal tersebut, ada langkah yang bisa diambil walaupun tidak mendapatkan program pensiun dari perusahaan. Langkah tersebut adalah Siapkan Pensiun dengan Reksa Dana. Menyiapkan program pensiun secara mandiri dengan memanfaatkan instrumen investasi reksa dana adalah salah satu langkah yang tepat agar bisa hidup tenang di hari tua.

Siapkan Pensiun dengan Reksa Dana
Siapkan Pensiun dengan Reksa Dana


Siapkan Pensiun dengan Reksa Dana- Rata-Rata Usia Masa Pensiun di Indonesia

Di Indonesia, masa pensiun rata-rata orang di Indonesia adalah usia 56 tahun dengan harapan hidup sampai dengan perkiraan 70 tahun. Data tersebut menunjukan bahwa setiap orang yang pensiun, harus mempunyai dana untuk bertahan hidup sekitar 14 tahun agar kebutuhan sehari-harinya bisa terpenuhi karena sudah tidak ada pemasukan gaji. Tak heran jika banyak orang yang sangat berjaya pada karirnya dan dapat mempunyai hidup mewah, akan tetapi saat usia nya mulai menua hidup kurang sejahtera bahkan menggantungkan keuangan dari anak atau keluarga. Hal inilah yang saat ini banyak terjadi, banyak orang tua yang menggantungkan kehidupan keuanganya kepada anak akibat tidak bersiap untuk menjalani masa pensiun.
Jika keturunan dan keluarga dapat membantu untuk mencukupi kebutuhan selama masa tua tidak akan masalah, akan tetapi akan jadi masalah jika tidak ada yang bisa membantu kita pada saat telah memasuki masa pensiun. Itulah pentingnya menyiapkan dana pensiun dengan Siapkan Pensiun dengan Reksa Dana. Jangan sampai dimasa pensiun nanti kita akan merepotkan anak atau keluarga karena mereka sendiri mempunyai biaya-biaya hidup yang harus dipenuhi. Oleh karena itu penting sekali agar mempersiapkan dana pensiun secara mandiri melalui program Siapkan Pensiun dengan Reksa Dana.

Baca Juga: Hal yang dilakukan saat Investasi Turun!

Siapkan Pensiun dengan Reksa Dana - Rencana Tabungan Pensiun dengan Reksadana

Menabung pensiun secara mandiri adalah yang penting untuk dipersiapkan karena dengan adanya pasif income dihari tua tentu akan sangat membantu kita dan membuat kita tidak bergantung pada belas kasihan orang lain. Celakanya, mayoritas orang merasa bahwa setiap bulanya mereka tidak punya cukup uang untuk disisihkan setiap bulanya sebagai persiapan dana pensiun. Perlu digaris bawahi kembali bahwa Tabungan Pensiun harus menjdi prioritas. Semakin lama menunda, maka semakin besar nominal yang harus disisihkan seiap bulan agar dapat mencukupi tujuan ataupun keperluan yang ingin dicapai pada masa pensiun. Mulailah untuk mempunyai tekat menjadi generasi mandiri finansial baik dimasa muda ataupun dimasa tua.

Baca Juga: Buka Rekening Reksadana Sekarang Juga Secara Online! Ini Panduan-nya!

Untuk mempersiapkan dana pensiun, ada banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya yakni memanfaatkan instrumen investasi reksa dana. Reksadana saham adalah instrumen yang sangat tepat digunakan sebagai persiapakan dana pensiun yang merupakan tujuan jangka panjang (di atas 10 tahun). Di beberapa marketplace reksadana, kita akan diberikan bermacam-macam pilihan reksadana saham yang sesuai dengan pilihan profile risiko yang kita miliki. Dengan setidaknya 5 atau 15 per sen penghasilan bulanan yang kamu sisihkan secara mandiri mulai saat ini, masa tua kita akan lebih cerah dari pada sebelumnya.

Hayo rekan, tunggu apa lagi ? Siapkan Pensiun dengan Reksa Dana sekarang juga! 

0 komentar:

Posting Komentar