Minggu, 26 Januari 2020

Jam yang Tepat Untuk Transaksi Reksadana

Investor reksadana yang menginginkan return investasi yang tepat, harus memperhatikan kondisi pasar dan jam saat akan melakukan transaksi reksadana. Selain itu, pengetahuan investor terkait produk investasi dan cara kerja produk investasi yang akan dibeli adalah sebuah keharusan. Adapun hal yang kadang terlewat dari investor adalah Jam yang Tepat Untuk Transaksi Reksadana. Kebanyakan investor khususnya investor pemula kurang memperhatikan jam transaksi reksadana. Oleh karena itu, seringkali return yang dihasilkan pada saat ingin pencairan pun juga tidak maksimal. Pada kesempatan ini, yukbelireksadana akan membahas tentang Jam yang Tepat Untuk Transaksi Reksadana sehingga nantinya dapat membantu investor yang ingin mendapatkan keuntungan yang optimal.

Jam yang Tepat Untuk Transaksi Reksadana
Jam yang Tepat Untuk Transaksi Reksadana


Jam yang Tepat Untuk Transaksi Reksadana - Tipe Investor dan Jam Transaksi yang Tepat

Produk investasi reksadana merupakan bagian dari investasi keuangan pasar modal, transaksi reksadana sendiri mengikuti jam dan hari kerja dari Bursa Efek Indonesia. Adapun jam transaksi bursa efek indonesia yaitu hari Senin sampai dengan Jumat. Setiap transaksi pemesanan ataupun penjualan mempunyai batas waktu yakni pukul 13.00 WIB. Apabila ada hari libur nasional, maka tidak akan ada transaksi jual beli reksadana karena bursa efek indonesia juga tutup pada saat hari libur nasional. 

Baca Juga: Investasi Reksadana Online Bibit Bonus Saldo 50K

Setiap Transaksi baik pembelian ataupun penjualan reksadana yang dilakukan sebelum jam 1 siang akan masuk ke rekening reksadana kita pada hari yang sama serta menggunakan harga NAB/UP (Nilai Aktiva Bersih) pada hari yang sama. Namun ketika transaksi dilakukan setelah jam 1 siang maka akan menggunakan harga NAB pada hari berikutnya dan masuk pada rekening kita menggunakan harga esok hari. Harga dari NAB akan dapat kita ketahui pada saat malam hari setelah jam transaksi BEI ditutup dan bisa kita cek pada website produk reksadana ataupun di media cetak.
Apabila anda merupakan tipe investor dengan program autodebet untuk investasi reksadana maka anda tidak perlu cemas karena dana investasi yang harusnya anda setor setiap bulanya akan ditarik otomatis pada tanggal yang sama pada pagi hari. Oleh karena itu, transaksi investasi reksadana anda akan mengikuti harga penutupan NAB/UP pada hari yang sama.
Sedangkan bagi tipe investor transaksi manual, sebaiknya selalu melihat harga NAB reksadana sebelum transaksi agar kita tahu posisi harga NAB sedang tinggi atau rendah pada saat kita melakukan transaksi. Ketka sudah cukup yakin dengan harga yang anda inginkan, pastikan anda mengeksekusi transaksi tersebut sebelum jam 1 siang pada hari yang sama.

Baca Juga: Porsi Investasi yang Ideal Terhadap Gaji 

Jam yang Tepat Untuk Transaksi Reksadana - Ilustrasi Transaksi Reksadana


Tabel ilustrasi
Berikut adalah harga reksadana saham Jago periode 29 Agustus 2020 sampai dengan 03 September 2020. Kasusnya adalah:

Q: Jika Astari menyetor dana pada tanggal 29 Agustus 2020 pada pukul 10.00 WIB, berapakah harga NAB yang digunakan ?
A: Bu Astari menyetor dana sebelum waktu akhir yang ditentukan , maka transaksi bu Astari tersebut menggunakan harga pada tanggal yang sama yakni Rp 1537

Q: Jika Astari menyetor dana pada tanggal 29 Agustus 2020 pada pukul 12.30 WIB, berapa harga NAB yang digunakan?
A: Bu Astari menyetor dana setelah penutupan, maka harga NAB yang digunakan untuk transaksi bu astari adalah Rp 1556

Q: Jika Astari Menyetorkan dana tanggal 30 Agustus 2020 pukul 09.00 WIB, berapa harga NAB yang digunakan?
A: Bu astari menyetor dana sebelum jam penutupan, maka harga NAB yang digunakan transaksi bu Astari adalah Rp 1556

Q: Jika bu Astari menyetor dana tanggal 30 Agustus 2020 pukul 17.30 WIB, berapa harga NAB yang digunakan? 
A: Bu Astari menyetor dana sesudah jam penutupan, maka harga NAB yang digunakan untuk transaksi bu Astari adalah Rp 1543.


Saran: Agar tidak terlewat waktu penutupan, pastikan anda sudah melakukan eksekusi terhadap investasi yang akan anda lakukan maksimal pada pukul 11.00 WIB setiap harinya. 

Semoga penjelasan terkait Jam yang Tepat Untuk Transaksi Reksadana dan ilustrasi diatas dapat anda pahami dengan jelas. Silahkan komentar bila anda menemui kesulitan. Selamat membaca artikel Jam yang Tepat Untuk Transaksi Reksadana.





0 komentar:

Posting Komentar