Senin, 14 Oktober 2019

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Return Reksadana

Dalam melakukan investasi, keuntungan yang kita dapatkan tidaklah berbentuk tetap seperti halnya pada saat menabung deposito. Deposito memberikan keuntungan tetap berbentuk bunga sedangkan reksadana memberikan return. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Return Reksadana terdiri dari berbagai macam namun saya persingkat menjadi 4 jenis saja. Keempat faktor ini sangat penting dalam memprediksi keuntungan yang akan dihasilkan saat melakukan investasi reksadana. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Return Reksadana dapat menjadi pertimbangan anda dalam memilih produk dan jenis reksadana yang paling cocok dengan profile risiko anda.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Return Reksadana
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Return Reksadana


Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Return Reksadana – 4 Faktor Keuntungan Reksadana

1. Manajer Investasi
Manajer investasi pada reksadana adalah salah satu dari Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Return Reksadana. Manajer investasi pada reksadana tidak ubahnya berbeda dengan pak kusir pada delman atau pelatih sepak bola, mengapa demikian ? kusir mengendalikankuda agar berjalan sesuai harapanya,dan reksa dana juga perlu dikendalikan agar produk tersebut jadi menguntungkan, dan itulah tugas daripada manajer investasi. Pelatih sepakbola yang mengatur strategi dari tim yang dilatih, pada kaitanya dengan manajer investasi ialah orang yang mengatur mulai dari alokasi dana yang dikelola dimana sumber dana yang dikelola tersebut adalah dana milik investor reksadana. Oleh karena itu, memilih manajer investasi yang mempunyai sejarah latar belakang yang baik adalah salah satu faktor dari sekian  Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Return Reksadana.

2. Produk Reksadana
Dalam setiak produk reksa dana, contohnya reksadana saham D dan reksadana saham E, keduanya meskipun sama-sama berjenis reksadana saham yang diterbitkan oleh satu perusahaan biasanya mempunyai konsentrasi pengelolaan dana yang tidak sama. Misalnya reksadana D lebih berkonsentrasi pada saham-saham yang bercokol di indeks LQ45, sedangkan reksadana E lebih berkonsentrasi pada saham yang bercokol di indeks JII30. LQ45 dan JII30 adalah kelompok saham-saham unggulan yang dikelompokan karena mempunyai sifat yang hampir sama. Oleh karena itu, tentunya keuntungan yang dihasilkan juga akan berbeda dan bisa jadi yang satu lebih baik dari yang lain dan sebaliknya. Dengan melakukan investasi reksa dana, sebagai investor pemula keuntunganya adalah kita tidak perlu rumit dalam melakukan analisis terhadap produk mana yang lebih menguasai pasar. Namun, secara garis besar untuk mengetahui nilai return yang optimal tentu mengerti tentang dimana sebenarnya dana kita dialokasikan merupakan suatu hal yang menarik kan? Dan oleh karena itu, produk reksadana juga menjadi salah satu faktor dari Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Return Reksadana.

3. Waktu Pembelian
Ketika melakukan pembelian reksa dana, kita juga harus membeli pada saat waktu yang tepat. Dulu tepatnya pada tahun 2008 terjadi kejatuhan pasar yang menyebabkan para pelaku pasar modal menjadi frustasi. Sebenarnya, pada saat itu adalah saat yang tepat untuk membeli reksa dana dan saham karena hampir semua produk tersebut berada di harga terendahnya. Namun kita juga tidak boleh melakukan pembelian secara ngawur, kita juga harus memperhatikan kondisi-kondisi lain seperti yang telah saya jabarkan pada artikel-artikel sebelumnya. Kejatuhan 2008 hanya berlangsung selama 1 tahun dan di tahun depannya terjadi rebound yang cukup signifikan sehingga diketahui pada tahun tersebut banyak menghasilkan orang kaya baru dan orang miskin baru. Oleh karena itu waktu pembelian reksadana juga merupakan bagian penting dalam Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Return Reksadana.

4. Cara Pembelian
Umumnya cara bertransaksi reksadana yang kita pahami adalah membeli dan menjual saja. Namun ternyata ada cara alternatif terkait cara pembelian reksadana agar kita bisa mendapatkan return yang optimal serta meminimalkan risiko atas kerugian akibat kondisi ketidak pastian perekonomian pada saat kita melakukan investasi reksadana. Terkait metode pembelian reksadana ini akan dijelaskan pada artikel selanjutnya pada blog ini. Silahkan menuju submenu daftar isi untuk melihat daftar artikel yang ada pada blog ini.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Return Reksadana – Investasi Reksadana Sekarang?

Reksa dana merupakan pilihan yang tepat untuk investor yang memiliki dana terbatas. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Return Reksadana juga mudah untuk dipahami dan dibaca pelan-pelan. Investor pun juga bisa melakukan pembelian reksadana melalui aplikasi bibit reksadan online. Lalu, tunggu apalagi ? Investasi reksadana sekarang juga dan jadilah bagian dari jutaan investor baru di Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar