Senin, 14 Oktober 2019

Reksadana VS Unitlink

Saat ini banyak produk asuransi yang digabung dengan investasi. Produk tersebut muncul untuk memutar balik pandangan bahwa membeli asuransi hanya akan menjadi biaya atau beban dan minim keuntungan. Dengan hadirnya produk ini, kita sebagai pemilik produk akan merasa aman karena mempunyai asuransi dan akan merasa nyaman juga mempunyai unit investasi dalam satu produk asuransi. Asuransi dengan bundling investasi mempunyai nama unitlink. Lalu kalau anda menjadi saya, mana yang akan saya pilih ? Reksadana VS Unitlink ? jawabanya adalah saya memilih reksadana. Terlepas kita juga masih harus memiliki asuransi sebagai pertolongan pertama saat kita mengalami masalah. Alasanya ? saya akan jelaskan pada bagian dibawah ini.

Reksadana VS Unitlink
Reksadana VS Unitlink

Reksadana VS Unitlink – Perbedaan dari Reksadana dan Unitlink

Seperti yang telah saya jelaskan diatas, asuransi dengan bundling investasi mempunyai nama unitlink. Prinsip dasar dari unitlink adalah tidak ada bedanya dengan reksadana. Oleh karen itu bila kit mendapat tawaran dari asuransi dengan paket investasi akan muncul istilah keren seperti Unitlink Equity, Unitlink pasar uang, dan istilah-istilah luar biasa lainya. Tentu nya apabila anda sudah membaca artikel sebelumnya, ada beberapa persamaan bukan dari nama-nama yang telah saya sebutkan tadi ? yakni pada kata equity ataupun pada kata pasar uang yang mana reksadana mempunyai jenis produk reksadana saham yang merujuk pada equity dan reksadana pasar uang.

Kemudian dimana perbedaan Reksadana VS Unitlink ? perbedaan dari unitlink dan reksadana terletak pada cara pembelian yang dilakukan. Pembelian unitlink tanpa polis asuransi tidak bisa dilakukan. Dan hal ini merupakan pembeda pertama dengan reksadana yang mana anda bisa langsung membeli reksadan dengan cepat dan praktis tanpa ada embel-embel polis atau apapun.


Lalu perbedaan selanjutnya dari Reksadana VS Unitlink yakni pada bagian biaya. Biaya pada reksadana terdiri dari dua unsur yaitu biaya pembelian dan biaya penjualan. Pada unit link, juga terdapat unsur biaya pembelian dan biaya penjualan namun ada tambahan biaya lain yakni biaya akuisisi. Biaya akuisisi merupakan biaya yang muncul dari program gabungan asuransi dan investasi. Oleh karena itu, jika kita membeli asuransi yang mempunyai kombinasi dengan unitlink, jangan lupa untuk memperhatikan biaya-biaya yang muncul dan jangan lupa untuk membandingkan satu produk dengan produk yang lain karena tentu saja biayanya juga berbeda.

Pada saat membeli unitlink ada beberap hal yang harus diperhatikan seperti biaya akuisisi yang dikenakan selama beberapa tahun kedepan, besaran biaya asuransi yang dikenakan tiap bulan/tahun, pertangguhan yang didapat dari membayar asuransi, dan nilai pertumbuhan NAV unitlink. Kemudian apakah dengan membeli unitlink membuat kita malah merugi ? saya rasa tidak. Unitlink adalah gabungan dari proteksi dan investasi. Namun demikian, ada biaya tambahan atas produk gabungan tersebut dan tentu keuntungan yang didapatkan juga tidak sebesar bila anda melakukan investasi pada reksadana karena pada unitlink dana dibagi menjadi dua.

Reksadana VS Unitlink – Mana yang harus saya pilih ?

Dalam perbandingan Reksadana VS Unitlink, bagi saya keduanya sama-sama baiknya. Namun saya pribadi memilih reksadana karena pertimbangan return yang diberikan lebih optimal. Akan tetapi saya juga mempunyai unit asuransi proteksi yang terpisah. Saran saya, untuk investasi pilih lah reksadana dan untuk perlindungan tetap beli unit asuransi agar apa yang anda dapatkan bisa optimal.

0 komentar:

Posting Komentar