Minggu, 06 Oktober 2019

Teknis Transaksi Reksadana dan Membaca NAB

Reksadana merupakan instrumen investasi yang cukup aman dan menghasilkan return yang bisa dibilang lumayan. Calon investor yang sudah mengerti cara membaca prospektus reksadana dan telah memahami risiko-risiko yang terkandung dalam setiap jenis produk reksadana tentu akan paham dengan apa yang harus dilakukan. Teknis Transaksi Reksadana & Membaca NAB hanyalah langkah lanjutan yang perlu anda pahami apabila ingin serius berinvestasi dalam reksadana. Pada artikel ini akan dijelaskan terkait teknis transaksi reksadana dan membaca NAB menggunakan ilustrasi kasus yang cukup mudah dipahami.



Teknis Transaksi Reksadana dan Membaca NAB
Teknis Transaksi Reksadana dan Membaca NAB


Teknis Transaksi Reksadana & Membaca NAB – Menghitung Keuntungan Investasi Sederhana

Terdapat sebuah produk reksadana dengan nilai NAB Rp 1000. Jika kita membeli reksadana tersebut misalnya Rp 1,000,000 mkaa kita akan mendapatkan unit reksadana tersebut sebesar 1000 unit. Jika pada tahun depan kita ingin menjual reksadana itu tersebut dan ternyata seiring bagusnya kondisi pasar sehingga nilai NAB nya adalah Rp 2000, maka 1000 unit yang kita miliki tadi akan kita jual dan mendapatkan uang sebesar Rp 2000,000 sehingga keuntungan bersih kita adalah Rp 1,000,000.

Untuk keadaan yang cukup sederhana seperti contoh diatas, ada beberapa hal yang kita abaikan yakni terkait biaya-biaya yang timbul dari adanya aktivitas jual dan beli serta kita juga tidak memperhitungkan waktu pembelian dan penjualan reksadana yang bisa menghasilkan keuntungan ataupun kerugian.

Teknis Transaksi Reksadana & Membaca NAB – Ilustrasi Transaksi Reksadana Saham

Tuan Jokowi ingin membeli reksadana saham Cap Jago yang dijual oleh Bank Maju Jaya. Maka tuan Jokowi akan pergi ke Bank Maju Jaya untuk mengisi berbagai macam formulir dari formulir data hingga investor profile form. Kemudian, Tuan Jokowi menyetorkan sejumlah dana sebesar Rp 1,000,000 di mana pada hari itu tanggal 2 Februari dan Jatuh pada hari selasa jam 11.00 WIB. Maka customer service dari Bank Maju Jaya memberitahukan bahwa harga NAB penutupan untuk rekening reksadana saham Cap Jago adalah sebesar Rp 2500 dengan subscription fee sebesar 1% dari dana penyertaan. Oleh karena itu, Tuan Jokowi untuk melakukan pembelian reksadana saham Cap Jago memiliki rincian transaksi sebagai berikut:

Harga NAB 1 Februari Rp 2500
Total Pembelian 400 unit adalah Rp 1,000,000 (@ 2500/ unit)
Biaya Pembeian Rp 10,000 (1% * Rp 1,000,000)
Total Rp 1,010,000

Pada tahun ke-3, Tuan Jokowi ingin menggunakan dana Hasil Investasi dari Reksadana saham Cap Jago. Maka Tuan Jokowi pergi ke Bank Maju Jaya dan mengisi formulir penjualan atas reksadana saham Cap Jago yang dimiliki. Tuan Jokowi datang ke Bank Maju Jaa pada tanggal 5 maret jam 13.30 WIB. Nilai penutupan harga NAB reksadana saham Cap Jago pada tanggal 4 Maret adalah Rp 7500. Redemption fee atau biaya penjualan kembali dari reksadana Cap Jago adalah 1% bila lewat 1 tahun dari tanggal pembelian.

Karna Tuan Jokowi mau menjual reksadana yang dimiliki tapi lewat dari jam 13.00 yang merupakan batas cut off time dari transaksi reksadan menggunakan harga penutupan tanggal 4 Maret dan nilai NAB reksadana pada saat tanggal 5 Maret adalah Rp 7400, maka rincian transaksi yang terjadi adalah sebagai berikut:

Harga NAB tanggal 5 maret   Rp 7400 (menggunakan NAB penutupan tanggal 5 Maret karena telah lewat waktu cut off 13.00 WIB)
Total penjualan unit 400 unit adalah Rp 2,960,000 (@7400/ unit)
Biaya penjualan 0% (karena Tuan Jokowi telah mempunyai unit tersebut lebih dari 1 Tahun)
Total Rp 2,960,000 (Termasuk Modal awal)
Keuntungan bersih : Rp 2,960,000 – Rp 1,000,000 = Rp 1,960,000.

Teknis Transaksi Reksadana & Membaca NAB – Investasi Reksadana Secara Online

Contoh diatas adalah garis besar dari teknis transaksi reksadana dan membaca NAB. Namun seiring berjalanya waktu dan kemajuan teknologi, saat ini rekan-rekan calon investor dapat berinvestasi reksadana secara online melalui gadget yang kalian miliki tanpa harus melakukan beberapa prosedur yang diuraikan diatas.

Untuk lebih jelasnya mengenai berinvestasi reksadana secara online silahkan klik link dibawah ini:



Teknis Transaksi Reksadana & Membaca NAB – Biaya Awal Pembukaan Rekening Reksadana

Melalui contoh-contoh diatas semoga kita dapat memahami Teknis Transaksi Reksadana & Membaca NAB. Reksadana tidak dapat ditentukan berapa nilai pengembalianya karena mengikuti kondisi pasar dan kecerdikan manajer investasi dalam mengelola dana yang dimiliki. Namun, sebagai investor pemula maka reksadana bukanlah pilihan yang salah untuk anda coba jika ingin belajar berinvestasi. Hanya dengan modal membuka rekening reksadana Rp 100,000 anda sudah bisa berbelanja berbagai produk reksadana. Bagaimana sobat muda ? kami tunggu kehadiran kalian di dunia investasi Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar