Jumat, 06 September 2019

Menentukan Profile Risiko Investor

Menentukan Profile Risiko Investor - Reksadana terbagi menjadi berbagai jenis ragam produk. Sebagai seorang investor, tentunya harus ada pertimbangan tertentu dalam memilih produk investasi reksadana yang akan dibeli. Salah satu hal dasar yang paling dasar dilakukan yaitu Menentukan Profile Risiko Investor. Profile risiko investor dapat menunjukan sejauh mana risiko yang dapat kita terima terhadap keinginan return / keuntungan yang diharapkan. Bagi investor pemula, berinvestasi seperti hasil profile risiko merupakan pilihan yang cukup baik mengingat pengetahuan investasi yang masih minim. Namun, kuncinya anda harus mengisi profile risiko investasi secara jujur dan benar tanpa ada rekayasa.

Menentukan Profile Risiko Investor - Tiga Jenis Risk Profile Investor

Berdasarkan tingkat risiko yang dapat ditanggung investor, profile risiko investor ada tiga jenis yakni:

  1. Risiko Rendah (Low Risk), investor yang termasuk dalam kategori risiko rendah artinya anda termasuk orang yang ingin berinvestasi pada tempat yang aman dan rendah risiko. Jenis produk reksadana yang cocok untuk dibeli oleh investor dengan profile risk rendah yakni Reksadana Pasar Uang ataupun Reksa Dana Terproteksi. 
  2. Risiko Menengah (Middle Risk), investor yang termasuk kategori menengah artinya anda termasuk orang yang ingin berinvestasi pada tempat yang aman dengan resiko medium dan tentunya return / keuntungan yang dihasilkan pun lebih besar dari investor yang mempunyai risiko rendah. Jenis produk reksadana yang cocok untuk dibeli oleh investor dengan profile risk menengah yakni Reksadana Pendapatan Tetap ataupun Reksa Dana Campuran. 
  3. Risiko Tinggi (High Risk), investor yang termasuk kategori tinggi artinya anda termasuk orang yang cenderung bisa menerima risiko kehilangan uang atas modal yang diinvestasikan dan menginginkan return / keuntungan yang tinggi. Jenis produk yang cocok untuk dibeli oleh investor dengan profile risk tinggi yakni Reksadana Saham.
Setiap rekomendasi diatas merupakan jenis produk reksadana yang dibeli oleh beberapa investor dengan profile risiko yang terkait. Adapun keputusan pembelian reksadana jenis apa saja yang cocok tetap kembali kepada diri sendiri dan seberapa sanggupkah kita untuk menerima risiko yang ada.

Menentukan Profile Risiko Investor
Menentukan Profile Risiko Investor

Menentukan Profile Risiko Investor - Pengisian Profile Risiko Investor

Untuk Menentukan Profile Risiko Investor, biasanya investor mengisi kuesioner atau form yang diberikan pada saat membuka account pada bank. Namun, seiring dengan perkembangan teknologi, saat ini anda dapat mengetahui profile risiko anda menggunakan kuesioner secara online. Kami menggunakan halaman simulasi cek risiko BCA sebagai salah satu alternatif bagi anda yang sekedar ingin mengetahui profile risiko investasi yang sesuai diri anda. Silahkan klik link dibawah untuk mengetahui simulasi profile risiko anda:


Menentukan Profile Risiko Investor adalah salah satu awal yang baik dalam berinvestasi. Dengan mengetahui risiko yang dapat kita terima atas investasi yang dilakukan, tentunya kita akan bisa mempunyai psikologi investasi yang baik. Keputusan pembelian dan pilihan produk reksadana kembali lagi kepada anda sebagai pelaku investasi itu sendiri. Investasi tidak mengerikan, hanya butuh kesabaran seperti halnya mananam pohon. Sobat milenial, Menentukan Profile Risiko Investor sekarang juga!

0 komentar:

Posting Komentar