Jumat, 06 September 2019

Istilah Umum Dalam Reksadana

Istilah Umum Dalam Reksadana - Ketika berbicara mengenai reksadana, kita sebagai investor tentu akan menemui Istilah Umum Dalam Reksadana. Beberapa istilah yang digunakan ini akan menjadi hal-hal yang akan biasa anda temui ketika membaca artikel berita ataupun informasi apapun yang berhubungan dengan reksadana. Baiknya, sebagai seorang investor maka kita juga perlu untuk minimal mengetahui maksud dan arti istilah tersebut dan bahkan syukur jika kita benar-benar mengerti tentang istilah umum tentang reksadana yang dimaksud tersebut.

Istilah Umum Dalam Reksadana
Istilah Umum Dalam Reksadana


Istilah Umum Dalam Reksadana - Daftar Istilah Umum pada Reksadana


1. Kontrak Investasi Kolektif (KIK)
Kontrak dengan bank yang memberikan manajer investasi untuk dapat mengikat pemegang unit penyertaan (investor) yang mana manajer investasi diberikan wewenang untuk mengelola portofolio invstasi secara kolektif dan bank diberi wewenang untuk melaksanakan penitipian kolektif dari investor yang membeli produk reksadana yang diterbitkan.

2. Bank Kustodian
Bank yang bekerjasama dengan manajer investasi dan menerima penitipan dana dari investor. Mudahnya yakni bank ini merupakan perantara yang mengubungkan manajer investasi dan pembeli reksadana (investor reksadana).

3. Manajer Investasi
Manajemen profesional yang mempunyai keahlian dalam mengelola efek baik berupa obligasi, saham, KIK, dan aset lainya yang memiliki tujuan untuk memberikan keuntungan pada investor.
4. Portofolio
Uraian jenis investasi atas dana yang dikelola oleh manajer investasi di berbagai instrument yang telah dipilih sesuai dengan jenis produk reksadana yang dibeli.

5. Unit Penyertaan
Satuan  yang menunjukan bagian kepentingan dari setiap pihak. Gampangnya, yakni reksadana dijual dengan satuan unit. Ketika anda membeli reksadana maka artinya anda sebagai investor telah mengkonversi rupiah anda menjadi unit penyertaan. Misalnya harga reksadana A adalah 1000 / unit, kemudian anda menginvestasikan uang anda sejumlah Rp 10.000,00 untuk membeli reksadana A. Dengan demikian maka anda akan mempunyai investasi berupa 10 unit penyertaan Reksadana A.

6. Nilai Aktiva Bersih / NAB
Harga wajar dari portofolio reksadana setelah dikurangi dengan biaya operasional. Total NAB jika dibagi dengan jumlah unit penyertaan akan menghasilkan NAB per unit. Sebagai investor, anda tidak perlu susah-susah untuk menghitung nilai NAB suatu reksadana karena setiap hari bursa nilai NAB akan dihitung oleh Bank Kustodian dan dipublikasikan melalui surat kabar.

7. Prospectus
Laporan yang berisi detail mengenai manajer investasi, produk reksadana, instrument investasi yang akan dijalankan serta informasi umum lain yang sekiranya perlu diketahui oleh calon investor.

Istilah Umum Dalam Reksadana - Informasi Umum Terkait Pembelian Reksadana

Selain beberapa istilah penting di atas, saya ingin membagikan informasi terkait waktu pembelian reksadana. Investor dapat membeli reksadana setiap hari baik melalui agen, manajer investasi, ataupun melalui marketplace (bibit ataupun bareksa). Jika investor melakukan pembelian sebelum jam 1 siang, yang mana merupakan batas waktu cutt off , maka investor akan mendapat NAB dengan harga NAB sehari sebelumnya. Apabila melebihi batas waktu cutt off / diatas jam 1 siang, maka nilai NAB yang berlaku adalah nilai NAB pada hari tersebut.
Salah satu biaya umum yang muncul pada saat pembelian reksadana yakni subscription fee yang merupakan biaya pembelian unit penyertaan yang ditetapkan antara bank perantara pembelian reksadana dan manajer investasi. Namun, saat saya menulis artikel ini, pada saat melakukan pembelian reksadana baik di bibit ataupun bareksa, saya tidak  dikenakan subscription fee. Oleh karena itu, saran saya segeralah melakukan investasi reksadana.

Sobat muda sekalian, jadilah investor cerdas dengan memahami terlebih dahulu tentang investasi. memahami Istilah Umum Dalam Reksadana merupakan langkah awal yang baik dalam berinvestasi. Semoga setelah membaca ini, anda menjadi tertarik dan ingin segera berinvestasi di Reksadana! kami tunggu kalian sobat muda!


0 komentar:

Posting Komentar