Kamis, 30 April 2020

Persiapkan Dana Mudik dengan Reksadana

Mudik adalah acara rutin nasional mayoritas masyarakat Indonesia pada saat menjelang hari raya idul fitri. Mudik merupakan aktifitas untuk pulang ke kampung halaman bagi orang yang telah lama merantau. Untuk mudik, biasanya butuh dana yang harus dipersiapkan mulai dari untuk transportasi, konsumsi perjalanan, dan kebutuhan hidup di kampung halaman. Tunjangan hari raya atau THR merupakan jawaban atas kebutuhan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan di bulan Ramadhan khususnya untuk memenuhi keperluan mudik lebaran. Akan tetapi, tidak semua orang mempunyai jumlah THR yang besar sehingga dapat digunakan untuk mudik. Bagi karyawan atau pekerja kelas menengah yang bekerja jauh dari kampung halaman tentu akan berpikir ulang untuk mudik setiap tahun. Namun, saat ini tidak ada yang perlu dikhawatirkan karena kita bisa Persiapkan Dana Mudik dengan Reksadana. Bagaimana cara Persiapkan Dana Mudik dengan Reksadana ? Bagaimana cara memulai nya ? simak artikel dari yukbelireksadana berikut ini.

Persiapkan Dana Mudik dengan Reksadana
Persiapkan Dana Mudik dengan Reksadana


Baca Juga: Buka Rekening Reksadana Online Aplikasi Bibit Disini! Panduan-nya? Klik Disini

Persiapkan Dana Mudik dengan Reksadana - Tunjangan Hari Raya Untuk Mudik

Tunjangan hari raya (THR) sangat dibutuhkan karena untuk menunjang segala kebutuhan pada saat hari raya lebaran. Setiap lebaran, pengeluaran akan cenderung membesar bagi mereka yang menjalankan ritual mudik ke kampung halaman. Salah satu faktor dominan yang membuat mudik menjadi begitu mahal diantaranya tiket transportasi baik pesawat, kapal laut, dan angkutan darat akan serta merta naik secara signifikan dibandingkan bulan bulan biasanya. Faktor lain yang juga menjadi pemicu pengeluaran membengkak saat lebaran yakni memberi uang ke sanak saudara, pengeluaran untuk liburan, dan belanja kebutuhan pribadi.

Tunjangan Hari Raya (THR) yang nominalnya hanya satu kali gaji seringkali tidak mencukupi seluruh pengeluaran yang telah disebutkan daitas. Namun, agar hal tersebut tidak terjadi maka kita harus mempersiapkan rencana mudik yang matang dan terencana. Persiapkan Dana Mudik dengan Reksadana merupakan salah satu cara agar mudik menjadi indah dan menyenangkan.

Baca Juga: Berangkat Umroh dengan Nabung di Reksadana Syariah

Persiapkan Dana Mudik dengan Reksadana - Tiga Cara Mengelola THR untuk Persiapan Mudik

Kurang lebih ada tiga tahapan pengelolaan THR agar mudik kita dapat berjalan indah dan menyenangkan. Adapun langkah-langkah tersebut diantaranya:

  1. Urutkan terlebih dahulu prioritas pengeluaran saat lebaran dari yang paling besar. Seringkali pengeluaran yang paling besar saat lebaran yakni untuk membeli tiket ke kampung halaman. Jika mudik menggunakan pesawat terbang, biasanya akan muncul dana tambahan yakni untuk keperluan wisata dan liburan di kampung halaman.
  2. Ketika prioritas pengeluaran sudah diketahui, jumlahkan seluruh pengeluaran tersebut. Misalkan harga tiket untuk mudik Pulang Pergi pesawat adalah Rp 4 juta dan pengeluaran untuk liburan adalah Rp 3 juta. Maka jumlah dana yang harus kita siapkan sekitar Rp 7 juta untuk mudik tahun depan. Nominal dan jangka waktu yang ada tersebut merupakan target utama yang harus kita capai.
  3. Terakhir, cari cara yang paling tepat untuk memenuhi target utama yang telah ditetapkan pada langkah kedua tadi. Cara yang paling sederhana yakni menabung. Jika membutuhkan dana Rp 7 juta, maka kita harus menabung sebesar Rp 1 jt selama  7 bulan sebelumnya. Akan tetapi, ada cara alternatif untuk memenuhi target tersebut yang nominal tabungan perbulanya lebih kecil yakni dengan investasi reksadana. dengan Persiapkan Dana Mudik dengan Reksadana, kemungkinan hasil yang akan didapatkan bisa lebih besar atau bahkan bisa mencapai target dana lebih cepat dari waktu awal yang ditargetkan.
Salah satu produk investasi yang bisa anda gunakan yang sesuai dengan syariat islam adalah produk reksadana syariah. Begitulah cara mudah Persiapkan Dana Mudik dengan Reksadana.

0 komentar:

Posting Komentar