Selasa, 21 April 2020

Menabung Reksadana: Manfaat dan Risiko

Zaman terus berganti dan begitupula beberapa kebiasaan lama yang perlahan namun pasti juga ikut berganti. Menabung adalah kegiatan menyimpan uang baik di bank ataupun di rumah yang dahulu seringkali dikampanyekan, saat ini mulai bergeser ke cara menabung modern yang salah satunya yakni menabung reksadana. Oleh karena itu, pada kesempatan ini YukBeliReksadana akan membahas tentang Menabung Reksadana: Manfaat dan Risiko. Kami akan menjelaskan secara singkat tentang manfaat atau apa saja yang bisa diterima oleh anda yang sedang menabung dengan cara baru ini. Penasaran apa saja manfaat dan risiko menabung reksadana ? Mari baca artikel ini sampai habis.

Menabung Reksadana: Manfaat dan Risiko
Menabung Reksadana: Manfaat dan Risiko


Menabung Reksadana: Manfaat dan Risiko - Reksadana Alternatif Menabung Era Modern

Sebagai orang yang lahir tahun 90an, tentu akan terbersit didalam pikiran anda apakah investasi reksadana dapat dijadikan pilihan alternatif untuk menabung? Bukankah reksadana mempunyai risiko yang tinggi ? Susah tidak ya jika saya mau memulai menabung reksadana ?

Jawaban atas pertanyaan awal anda adalah SANGAT BISA!. mengapa demikian? reksadana mempunyai berbagai jenis produk dan mempunyai risiko minim seperti tabungan dan deposito. Selain itu, reksadana mempunyai potensi keuntungan yang lebih besar dengan dana yang lebih terjangkau dan fleksibel sehingga memudahkan anda yang mempunyai modal terbatas. 
Reksa dana merupakan alternatif investasi yang sangat cocok bagi siapa saja, termasuk bagi anda yang mempunya waktu, dana, informasi, dan pengetahuan investasi yang terbatas. Tersedianya berbagai tipe reksadana, alternatif pilihan inipun bisa digunakan sebagai alternatif menabung. 

Baca Juga: Buka Rekening Reksadana Secara Online di Bibit ? Ini Panduan-nya!

Menabung Reksadana: Manfaat dan Risiko - Manfaat Menabung Reksadana

Bagi kami yang mengunakan reksadana untuk menabung, sedikitnya ada tiga manfaat yang kami rasakan selama menabung reksadana. Manfaat tersebut yakni:

1. Imbal hasil yang optimal
Umumnya tingkat imbal hasil reksa dana pasar uang biasanya lebih tinggi dibandingkan jasa giro atau tabungan dan deposito. Selain itu, imbal hasil yang didapatkan dari reksadana sama sekali tidak dikenai pajak yang artinya return yang anda dapatkan adalah hasil bersih.

2. Menabung Reksa Dana itu Mudah dan Murah
Menabung reksadana itu dapat dimulai dari nominal yang cukup rendah dan jumlahnya bisa disesuaikan dengan kemampuan menabung dan tujuan yang ingin dicapai. Apabila anda bandingkan dengan deposito, untuk menabung deposito biasanya dana minimal yang dibutuhkan adalah Rp 5.000.000 s/d Rp 10.000.000. Bagaimana dengan reksadana ? anda bisa memulai menabung reksadana hanya dengan nominal Rp 100.000. Cukup murah bukan ?

3. Bisa diambil kapan saja
Reksa dana bisa melakukan penarikan dana kapan saja dan tidak memiliki jangka waktu jatuh tempo. Hal tersebut merupakan keuntungan tambahan jika menggunakan reksadana menjadi salah satu alternatif menabung. Akan tetapi, memang perlu disadari bahwa waktu penarikan tidak secepat menarik uang pada saat di ATM, namun maksimal 3 hari kerja.

Baca Juga: Manajemen Keuangan Prinsip Pareto

Menabung Reksadana: Manfaat dan Risiko - Risiko Menabung Reksadana

Risiko utama menabung reksadana adalah penurunan nilai portofolio pada saat kita ingin menarik uang. Perlu diingat bahwa kita bisa mengambil uang yang ada di rekening reksadana kapan saja. Kemudian, pada saat jam transaksi pasar, tentu nilai reksadana yang kita miliki akan naik dan turun sesuai kondisi pasar. Akan tetapi jika anda memilih produk reksadana yang mempunyai risiko rendah tentu kenaikan atau penurunan aset tidak akan begitu ekstrim sehingga tidak begitu berpengaruh terhadap nilai portofolio anda pada saat penarikan dana.

Setiap pilihan investasi tentu mempunyai manfaat dan risiko yang melekat di instrumen reksadana, akan tetapi jika kita mengambil keputusan berdasarkan alasan yang kuat tentu keuntungan lah yang akan kita dapatkan. Setelah membaca artikel Menabung Reksadana: Manfaat dan Risiko ini, mau mulai menabung kapan rekan-rekan ?

0 komentar:

Posting Komentar