Minggu, 12 Januari 2020

Waktu Yang Tepat Beli Jual Reksadana

Mayoritas investor baik investor baru ataupun investor lama sering mencari Waktu Yang Tepat Beli Jual Reksadana. Waktu atau momen tersebut bagaikan harta karun yang terpendam bagi semua investor di reksadana. Dimana-mana sering berseliweran artikel tentang rahasia atau tips jitu untuk menghasilkan keuntungan yang besar dalam waktu singkat. Namun kenyataanya selalu tidak sama dengan seperti yang mereka baca pada artikel tersebut. Disini, kami akan membahas tentang Kapan Waktu Yang Tepat Beli Jual Reksadana yang ideal dan realistis bagi pembaca semua.


Waktu Yang Tepat Beli Jual Reksadana
Waktu Yang Tepat Beli Jual Reksadana

Waktu Yang Tepat Beli Jual Reksadana - Konsistensi dan Kedisiplinan Menabung Rutin Reksadana

Membeli di harga yang rendah dan menjual di harga yang tinggi merupakan impian bagi semua investor. Bagaimana caranya ? tentu caranya tidak semudah seperti yang dibayangkan ketika membaca tips dan trik untuk melakukan hal itu. Diperlukan pengetahuan dan riset yang mendalam terkait membaca kondisi ekonomi dan keadaan pasar. Hal tersebut memang susah tapi bukanlah suatu hal yang tidak mungkin. Semua hanya perlu proses, pemula sampai profesional tentu akan mengalami fase ini dalam menentukan Waktu Yang Tepat Beli Jual Reksadana.

Dari kalangan profesional seperti manajer investasi, dari 20 manajer investasi mungkin hanya 1 berhasil menebak Waktu Yang Tepat Beli Jual Reksadana. Angka itu kurang lebih hanya 5% dari kemungkinan yang ada. Mengaap demikian ? karena sejatinya tidak ada satupun yang bisa menebak atau memprediksi secara akurat dan konsisten tentang kondisi pasar modal. Kunci sukses dalam melakukan investasi khususnya bagi investor pemula sebenarnya bukanlah tentang Waktu Yang Tepat Beli Jual Reksadana, namun kunci utama kesuksesan berinvestasi adalah Konsistensi dan Kedisiplinan dalam menabung secara rutin.

Baca Juga: Mulai dari Buka Rekening Reksadana di Bibit! Nabung Reksadana Online Sekarang! 

Strategi menabung rutin yang dapat digunakan adalah metode Dollar Cost Averaging (DCA) yang merupakan metode sederhana dengan menginvestasikan jumlah uang yang sama di setiap bulan. Metode ini merupakan metode preventif bagi investor untuk melakukan investasi berlebihan pada waktu harga sedang tinggi. Menentukan Waktu Yang Tepat Beli Jual Reksadana bukanlah hal yang mudah namun bisa disiasati dengan trik.
Menabung reksadana secara rutin bisa dimulai dengan nominal Rp 10.000. Ide awal dari DCA adalah membentuk kebiasaan menabung secara konsisten dan disiplin tanpa memperdulikan naik atau turunya harga dari reksadana. Dengan DCA, kita akan membeli secara konsisten dan menghasilkan pembelian yang sedikit saat harga naik dan pembelian yang banyak saat harga sedang turun. Hal ini akan membuat pengambilan keputusan untuk berinvestasi menjadi lebih mudah dan terhindar dari keputusan sesaat.

Baca Juga : Empat Strategi Metode Pembelian Reksadana 

Waktu Yang Tepat Beli Jual Reksadana - Apa itu compound interest ?

Semakin lama kita melakukan investasi, maka semakin besar pula jumlah uang yang akan kita tabung dengan keuntungan yang optimal. Hal tersebut terjadi karena adanya efek compound interest (bunga berbunga) dari investasi yang kita lakukan. Penemuan matematika paling hebat didunia adalah adanya compound interest menurut Albert Enstein. Artinya, bunga dari investsi kamu akan berbunga juga dan begitu terus sehingga pertumbuhan yang ada akan terakumulasi secara exponential.
Untuk menjadi orang yang berkecukupan tentu membutuhkan waktu, namun keputusan investasi yang kamu lakukan hari ini akan menghasilkan dampak yang besar jika dilakukan secara rutin dan konsisten setiap harinya.
Kesimpulanya, konsistensi dan kedisiplinan saat menabung secara rutin adalah strategi yang tepat dilakukan untuk investor pemula yang baru memulai berinvestasi. Anda tidak perlu memilikrkan Waktu Yang Tepat Beli Jual Reksadana ataupun memikirkan tentang kondisi ekonomi. Yang perlu anda lakukan adalah terus konsisten meningkatkan tabungan setiap bulan dan rasakan magic of compounding interest bekerja. Saya percaya bahwa semua bisa berkecukupan tanpa harus begitu memahami tentang Waktu Yang Tepat Beli Jual Reksadana.

0 komentar:

Posting Komentar