Minggu, 27 Oktober 2019

Memilih Reksadana dengan Metode Pembelian

Pada artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai metode pembelian reksadana yang bisa digunakan sebagai salah satu tips dalam membeli reksadana yang mempunyai risiko yang tinggi akibat nilai nya yang terus berfluktuatif. Namun disini kami akan memberikan gambaran secara langsung untuk Memilih Reksadana dengan Metode Pembelian menggunakan ilustrasi yang lengkap. Harap membaca pelan-pelan dan pahami agar tidak terjadi kebingungan, tetapi jika memang anda masih bingung silahkan saja meninggalkan komentar dibawah ya.




Memilih Reksadana dengan Metode Pembelian – Ilustrasi Pembelian Reksadana

Saya mempunyai rencana untuk melakukan investasi pada reksa dana saham. Oleh karena itu saya coba memilih reksa dana saham yang termasuk dalam kriteria yang saya tentukan yakni terkait dengan manajer investasinya dan merupakan produk reksadana saham. Saya memilih produk reksadana saham karena pada awal melakukan investasi, saya telah menentukan untuk berinvestasi selama 5 tahun dan saya juga tidak mempunyai nominal uang yang besar sehingga saya memilih untuk melakukan investasi secara berkala dengan menyisihkan sebagian gaji bulanan sebesar 10%. Pada tanggal 10 setiap bulannya saya selalu membeli reksadana dengan gaji yang saya sisihkan tadi.

Nah rekan-rekan sekalian, jika contoh kasusnya seperti diatas adalah investor yang menggunakan metode Dollar Cost Averaging (DCA) pada saat pembelian reksadana. Metode ini sangat cocok untuk anda yang tidak mempunyai modal begitu besar namun mempunyai keinginan untuk menabung secara disiplin dan konsisten. Tentunya, keuntungan dari apa yang kita lakukan saat ini akan kita rasakan pada saat 5 tahun kemudian karena kita telah memilih untuk masuk pada reksadana yang idealnya waktu investasinya adalah 5 tahun.

Oleh karena itu untuk investasi pada reksadana yang termasuk investasi jangka panjang tentunya sangat penting untuk memilih manajer investasi yang juga mempunyai histori yang baik dan produk reksadana yang baik pula dilihat dari performa reksadana beberapa tahun sebelumnya. Namun, jika kita ingin melakukan investasi pada produk reksadana yang baru saja keluar, maka kembali lagi kita masih dapat melihat histori nya dari manajer investasi nya. Bagaimana caranya ? Lihat saja produk sejenis yang dikeluarkan oleh manajer investasi dari reksadana baru tersebut, lihat dan amati performa nya maka kurang lebih performa nya kurang lebih akan sama.

Memilih Reksadana dengan Metode Pembelian – Reksadana adalah Menanam

Adapun bagi anda yang kebingungan dengan bagaimana cara mengatasi pengeluaran-pengeluaran yang timbul di masa depan seperti biaya pendidikan anak, ingin buka usaha kecil-kecilan setelah pensiun, ingin berangkat umroh atau haji, dan lain-lain maka reksadana adalah salah satu alternatif produk investasi yang kiranya cocok untuk anda. Mari wujudkan impian kita dengan dimulai dari nilai yang kecil dan dimulai hari ini sehingga kita bisa memanen nya di kemudian hari. Selamat membaca Memilih Reksadana dengan Metode Pembelian.

0 komentar:

Posting Komentar